Ini Alasan Kenapa Perut Bisa Kembung, Berikut Cara Aman Mengobatinya

Ini Alasan Kenapa Perut Bisa Kembung, Berikut Cara Aman Mengobatinya

Perut Kembung--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Satu masalah perut yang sering dialami kebanyakan orang Indonesia, yakni kembung. Kembung menjadi salah satu jenis penyakit perut yang dialamai oleh seluruh usia, baik orang dewasa, Lansia bahkan bayi sekalipun bisa mengalami kembung. Meksi tidak berbahaya, ada baiknya kamu tau bagaimana cara mengatasi perut kembung.

Perlu kamu tau, Perut kembung ditandai dengan rasa kencang bersamaan dengan rasa penuh pada bagian perut. Rasa kembung bisa disebabkan oleh pola makan yang buruk atau kondisi medis yang disebut dengan maag.

BACA JUGA: Tips dan Trik Cara Mengeluarkan Angin Saat Badan Masuk Angin Hanya Melalui Pola Makan

Meskipun tidak berbahaya, perut kembung perlu segera diatasi karena dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Perut kembung dapat terjadi ketika Perut dipenuhi dengan gas yang menumpuk dalam saluran pencernaan, seperti lambung dan usus.

Hal tersebut disebabkan akibat udara yang masuk atau produksi gas yang berlebihan dalam usus. Untuk mengatasinya, ada berbagai cara, baik dengan obat medis maupun perawatan rumahan yang bisa meredakan gejalanya.

Sebelum membahas lebih jauh soal bagaimana cara megatasi perut kembung. Ada baiknya kamu mengetahui penyebab terjadinya perut kembung agar lebih dulu mencegahnya. Berikut ini 5 penyebab mengapa perut kembung bisa terjadi :

Ini yang Menyebabkan Perut Kembung

Perut kembung sering kali dikaitkan dengan gejala penyakit perut lain misalnya seperti "masuk angin", meskipun istilah tersebut tidak dikenal di dunia medis. Secara medis, kondisi ini disebabkan oleh terlalu banyaknya udara yang tertelan dan terperangkap dalam saluran pencernaan, yang dikenal sebagai aerofagia.

BACA JUGA: Rundown Konser Sheila pada 7 di Bandung, 28 September 2024

Kembung pada perut umunya disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang sering tanpa disadari bisa menyebabkan udara masuk ke dalam pencernaan.

Misalnya seperti makan terlalu cepat, mengonsumsi makanan pedas, berbicara sambil makan, berbaring setelah makan, merokok, hingga minum dengan sedotan.

Selain dari penyebab tersebut, perut kembung juga dapat disebabkan oleh gangguan kesehatan lainnya, seperti:

1.   Sindrom iritasi usus besar (IBS)

IBS merupakan gangguan kesehatan yang sering berhubungan dengan perut kembung, dan gejalanya meliputi kram perut, sakit perut, diare, atau sembelit. Meskipun penyebab pasti IBS belum diketahui, infeksi bakteri, alergi makanan, atau stres bisa menjadi pemicunya.

2.   Penyakit Maag (Dispepsia)

Maag adalah kondisi medis yang ditandai dengan ketidaknyamanan atau nyeri yang berulang di bagian atas perut, terutama di daerah ulu hati.

Gejala maag meliputi perut kembung, mual, muntah, cepat kenyang, sensasi terbakar di perut atau kerongkongan, perut terasa penuh gas, dan sering bersendawa.

  1.   Kekurangan Zat Enzim

Selain maag, perut kembung juga bisa disebabkan oleh kekurangan atau gangguan pada enzim pencernaan. Enzim pencernaan berfungsi memecah makanan menjadi partikel-partikel yang lebih kecil agar nutrisi lebih mudah diserap oleh tubuh.

Namun produksi dan fungsi enzim ini dapat terganggu oleh masalah pada saluran pencernaan, seperti gangguan pada pankreas atau intoleransi makanan dan minuman, seperti intoleransi laktosa.

BACA JUGA: Tempat Nonton dan Sinopsis Naze Boku No Sekai Wo Daremo Oboeteinai No Ka? Episode 12 AKHIR Sub Indo

Selain itu, infeksi pada saluran pencernaan akibat virus atau bakteri juga bisa menyebabkan perut kembung. Bakteri seperti Helicobacter pylori (H. pylori), yang memicu tukak lambung, menghasilkan gas berlebih sehingga perut terasa begah dan kembung.

Makanan yang Baik dikonsumsi Perut Kembung

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa mengatasi perut kembung dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu yang dapat membantu meredakan rasa kembung atau mual.

1.   Jahe

Jahe dikenal sebagai salah satu obat herbal tertua di dunia dan efektif untuk meredakan berbagai masalah kesehatan, mulai dari tenggorokan gatal hingga perut kembung.

Kandungan anti-inflamasi dalam jahe dapat mengatasi kembung yang disebabkan oleh produksi gas berlebih di perut. Jahe juga memberikan efek relaksasi, menenangkan usus, dan membantu proses pencernaan.

2.    Pisang

Pisang adalah pilihan makanan yang baik saat mengalami perut kembung. Kandungan kalium dalam pisang membantu mengatasi kembung dengan cara mengurangi jumlah sodium dan udara berlebih dalam tubuh, sehingga perut terasa lebih lega.

3.   Jeruk nipis

Lemon merupakan buah yang sering direkomendasikan saat mengalami perut kembung. Rasanya yang asam segar dapat membantu meringankan gejala gangguan pencernaan. Mengonsumsi jus lemon dapat membantu meredakan kembung dengan cepat.

4.    Alpukat

Alpukat, dengan daging buah berwarna hijau dan rasa yang khas, tidak hanya enak tapi juga bermanfaat untuk mengatasi kembung.

BACA JUGA: Ganti Popok Sampai Bedakan, 5 Cara Mudah Bikini Bayi Harum Sepanjang Hari

Kandungan kalium dan antioksidannya membantu mengurangi gas berlebih dalam perut. Alpukat bisa dinikmati dalam berbagai bentuk, seperti olesan roti, jus, atau olahan lainnya.

5.   Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang membantu memecah makanan dan mengurangi produksi gas berlebih di perut. Mengonsumsi pepaya secara rutin dapat menenangkan sistem pencernaan, terutama selama menstruasi.

Itulah beberapa makanan alami yang bisa membantu meredakan perut kembung.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: